Perumusan (AIM,VISI,MISI dan Objective)

Berikut ini adalah kutipan dari buku karangan Ir. Harmaizar, dkk. Berjudul “Menggali Potensi Wirausaha”, buku yang sangat bagus untuk dimiliki bagi siapapun yg ingin memulai usaha.

 …

Rencana pendirian suatu usaha berawal dari suatu cita-cita. Cita-cita tersebut harus dirumuskan menjadi tujuan-tujuan dasar yg menjadi suatu organisasi usaha. Organisasi usaha tersebut perlu menetapkan tujuan, agar dapat menentukan apa yg harus dilakukan, bagaimana mengembangkan rencana-rencana yg efektif, dan menentukan sasarannya serta menilai hasilnya.

 Bila dirangkai terbentuknya suatu organisasi professional berasal dari cita-cita / angan-angan (Aim), yang berkeinginan (Visi), menentukan suatu Misi yang tepat dan Tujuannya (Objective). Ke empat istilah diatas adalah:

 1.        Cita-cita (Aim), merupakan pernyataan umum tentang yg ingin dicapai dalam suatu bidang tertentu. Contoh:

§         Ingin menjadi pemimipin di bidang laundry dan dry cleaning.

§         Ingin menjadi pengusaha besar di bidang perdagangan modern

2.        Visi (Vision), merupakan pernyataan umum tentang arah apa yang harus dimiliki pada masa yang akan datang berkaitan dengan Aim (What do they want to have?). Contoh:

§         Ingin menjadi pemimpin no. 1 di pasar perdagangan retail

§         Ingin menjadi pemimpin no. 1 di pasar laundry dan dry cleaning

§         Dalam 5 tahun mendatang ingin memiliki 100 cabang usaha di seluruh Indonesia

§         Dalam 5 tahun mendatang ingin memiliki pendapatan penjualan 5 Milyar

3.        Misi (Mission), merupakan maksud utama dari suatu organisasi. Yakni, apa yang sedang dicoba/didambakan untuk menjadi yang diinginkan pada masa yang akan datang dan bersifat jangka pendek. (What do they want to be?). Contoh:

§         Menyediakan dan memastikan produk retail yang murah, berkualitas, berkelanjutan

§         Menyediakan produk dan pelayanan laudry yg cepat, aman dan berkualitas

4.        Tujuan (Objective), adalah membuat suatu misi menjadi lebih konkrit yang berhubungan dengan besaran, dimensi waktu dan siapa yang bertanggungjawab. Contoh:

§         Kenaikan pendapatan 5% dalam waktu 6 bulan

§         Peningkatan keuntungan 10% dalam waktu 1 tahun

§         Kenaikan peringkat pemegang pasar laundry untuk kawasan sekitar dalam waktu 2 tahun

§         Meningkatkan volume dan kualitas produksi dalam tahun ini.

4 Responses to “Perumusan (AIM,VISI,MISI dan Objective)”

  1. teguh prayietno Says:

    saya pengen usaha tempat karaoke, tapi saya bingung gmn menentukan VISI dan MISI nya

  2. vini Says:

    Bagus banget, btw boleh kopi paste gak niy om postingannya ?

  3. harrypoe Says:

    Bu Vini,
    Boleh aja kalo mo di copy paste, jangan lupa link blog saya yah.
    Semoga sukses selalu.

    Regards,
    HarryPoe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: