Pertanyaan seputar pencairan saldo jamsostek ..

Dari postingan saya sebelumnya pencairan saldo JHT Jamsostek dan Merancang program pensiun pribadi , ada beberapa teman yg menanyakan kepada saya beberapa hal spt “Kenapa dicairkan?”, “Kenapa gak dilanjutkan saja, karena toh saya sudah bekerja di perusahaan yg baru?”

Pemikiran saya adalah sbb:

  1. Dengan masa kerja 10 tahun di perusahaan lama saya di Batam, dan setelah menunggu grace period selama 6 bulan setelah berhenti kerja, saya sudah mempunyai hak untuk mengajukan klaim JHT sesuai kebijakan internal jamsostek
  2. Saya termasuk orang yg skeptis terhadap sistem IT yg di miliki oleh Jamsostek. Pengalaman sewaktu masih di Batam, saya pernah mengalami duplikasi data dengan fakta sbb: bekerja di 1 perusahaan yg sama,Jamsostek ID yg sama, tetapi jenis kelamin saya ada 2 yaitu Lelaki dan Perempuan. Keduanya diperlakukan sebagai 2 account yg berbeda yg masing2 mempunyai saldo. Hwaaalah…usut punya usut ternyata hal itu terjadi pada waktu kantor saya mengupgrade sistem HR nya dan mengganti format nomor pegawai dari format system yg lama. Rupanya karena sistem KTP di Indonesia tidak unique, maka Jamsostek menggunakan ID perusahaan plus Nomor Pegawai disamping Nomor Jamsostek sebagai key di sistemnya. Inilah yg menyebabkan duplikasi data saya. (Mudah2an tidak terjadi lagi dan tidak menimpa korban lainnya lagi).
  3. Pola pembayaran jamsostek dari perusahaan ke kantor jamsostek yg masih banyak menggunakan cara konservatif, tidak menggunakan e-banking atau minimal sistem disket, sehingga detil data pembayaran karyawan lansung bisa di update ke sistem jamsostek. Pembayaran dilakukan secara total melalui transfer bank, sementara detil pembayaran per karyawan dilaporkan secara hardcopy laporan. Yang nantinya di key in secara manual oleh pihak jamsostek. Wuah..potensi human error nya ruaar biaaazza nih..gak heran kalo saldo kita sering ngaco!! Guys, setiap tahunnya Jamsostek akan memberikan rekening koran saldo kita, saran saya..cek dan cek dan cek lagi kebenarannya. Kalo salah kita punya hak untuk mengajukan koreksi saldo. Jangan cuman pasrah aja yak..Ini masalah hak dan kewajiban kita dengan pihak jamsostek
  4. Sikap skeptis dan keraguan saya terhadap sistem IT jamsostek juga merujuk pada kepindahan saya dari Batam ke Jakarta.Harusnya sih sudah online dan semuanya harus centralized di Jakarta. Tapi who knows?Satu kota yg sama aja masih berantakan..apalagi pindah kota…pfufff….
  5. JHT adalah rancangan untuk program pensiun kita, dan merujuk kebijakan internal jamsostek , yang memberikan hasil pengembangan pembayaran JHT sebesar 8%, ada sisi investasi yg dilakukan pihak jamsostek dalam hal ini. Di sisi laen maka dengan mencairkan saldo JHT ini maka saya juga berhak untuk menggunakan dana yg merupakan hak saya dan merancang pengembangan dana JHT saya dengan lebih maksimal.
  6. Dengan kembali bekerjanya saya di tempat kerja baru, saya akan didaftarkan sebagai peserta Jamsostek yg baru lagi. Awal yg baru ……hiks

Mungkin penjelasan saya diatas terkesan subyektif atau berdasar asumsi/pengalama pribadi. Tapi anyway sudah banyak perbaikan dan kemudahan dalam proses dan prosedur jamsostek sampai saat ini. Semoga dapat terus di kembangkan dikemudian hari.

About these ads

62 Responses to “Pertanyaan seputar pencairan saldo jamsostek ..”

  1. barcode Says:

    setuju mas…
    mending jangan diterusin itu jamsostek… sesama kantor jamsostek datanya ga online

  2. Usman Says:

    Kalau mau lihat saldo bisa lihat di mana ya atw website apa ?

  3. harrypoe Says:

    Pak Usman,
    Sampai saat ini, Jamsostek BELUM mempunyai suatu website interaktif yg memungkinkan kita dapat mengakses data dan saldo JHT kita secara self-service.
    Tapi, pihak jamsostek setiap awal tahun, akan memberikan slip yg memuat saldo dan berikut hasil pengembangan (investasi) dalam satu tahun terakhir. Slip akan dikirimkan ke alamat perusahaan tempat kita bekerja.
    Pertanyaan yg mengelitik lainnya adalah:
    Bagaimana, jika pada suatu waktu kita sedang tidak bekerja pada suatu perusahaan (jobless, atau kita jadi free lance dsb) sedangkan kita masih punya saldo jamsostek. Kemana dan bagaimana pihak Jamsostek akan mengirimkan slip saldo nya?

    Tentu saja jawaban yg paling memungkinkan saat ini adalah memintakan slip jamsostek tersebut langsung ke kantor jamsostek terdekat.
    Kurang praktis yah?Dimana kita bisa melihat bahwa kondisi tersebut diatas mungkin dialami oleh ribuan peserta jamsostek.

  4. iwansa Says:

    Dari sekian banyak permasalahan di jamsostek, saya kira sudah saatnya jamsostek diaudit. Saya yakin apabila ada yang bergerak untuk memeriksa, pengurus jamsostek akan kelabakan hahaha.. Saya memang tertawa tapi hati saya kecut karena perasaan saya campur aduk antara senang dan sedih. Sebenarnya sejauh mana program jamsostek berjalan. Apakah tidak ada penyelewengan didalamnya? tempatnya duit loh. Tapi kok membuat sistem yang online saja ga bisa? apa kurang dana? YA ENGGAK lah! Ada yang bilang belum perlu? hari gini? Ini berdasar perasaan curiga saja karena saya orang kecil yang hanya bisa perprasangka entah itu sangkaan baik maupun jelek. Tapi melihat dari “hari gini” jamsostek belum juga online dan transparan mengenai programnya. Saya kok yakin pasti kondisi seperti ini ada yang memanfaatkan untuk penyelewengan. Halo dimana KPK? sudah ada rencana memeriksa JAMSOSTEK?

    Ada yang dari pihak Jamsostek disini berani memberi penjelasan?
    Saya tunggu!

  5. sakuraka-ama Says:

    menurut saya, justru karyawan jamsostek nya yang kurang benar kerjanya, soalnya ada yang bisa kasih tahu datanya tapi banyak juga yang gak mau kasih tahu data saldo jht si pekerja…

    kalau sistem sih kemungkinan besar seharusnya sudah baik…

    tapi pegawainya ya masih mental orde baru gitu…tapi bedanya sekarang gak berani kayak dulu soal ini itu..

    ngertilah….

  6. recko Says:

    bicara tentang jht,jujur saya masih agak bingung perihal tsb,setelah saya baca lampiran dia atas
    {sebetulnya JHT itu untuk kebutuhan di hari tua}tp apakah masih berlanjut jika saya sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tempat saya bekerja dulu,saya telah bekerja 6 tahun dan masa resign saya baru 5 bulan,nah yang saya mau tanyakan?

    1.dapatkah saya melihat jumlah dari jht saya tsb via e-mail atau webside yang menangani perihal tsb?

    2. saya resign per tgl 20 sept 2008 apakah saya dapat mencairkan dana jht tgl 2 ke atas bulan maret 2009 {sesuai peraturan 5 thn 6 bln} ?

    3.jika saya belum mencairkan jht tsb apakah jumlah jht saya akan terus bertambah !
    bagaimana caranya?
    sedangkan yang saya tau perusahaan dulu kan sudah tidak lagi memberikan masukan

    4. apakah pencairan secara cash dapat di tunggu?

    mohon bantuannya
    terima kasih……

  7. Rony Says:

    Saya mau nyoba daftar registrasi online kok ndak bisa yah?

  8. tanti Says:

    Wah sama mas rony saya nyoba daftar registrasi online gak bisa juga…tuh…
    Setelah saya terima rekening koran ko ya saldo awal dengan saldo akhirnya yang saya terima sebelumnya gak sama ya…
    Wuiihhh gak saya aja lho…

  9. Uchiha_erie Says:

    Wah klo ngmongin JHT mah ga bkalan ada solusinya, ngomentarin JHT sama aja ngomentarin negara, ga bkalan kita di gubris, buat mereka tuh yang penting mereka untung, ga peduli klo kita yang di bawah merasa d rugikan, kebijakan yang aneh, udah tiap bulan kita diwajibkan bayar tp giliran kita udah abis kontrak, kenapa gak boleh langsung diambil, pdahal itu kan duit kita… dasar pemerintah kita tuh penganut hukum rimba

  10. Fitria Says:

    Pak, bagaimana jika kartu saya hilang…? Apakah kita masih bisa melihat saldo kita ? Atau apakah mungkin kita bisa dibuatkan kembali kartu nya, terima kasih

  11. zay Says:

    bos,, apa aja sich syarat-syaratnya untuk mencairkan dana jamsostek???
    karena saya baru berkerja sekitar 2 tahunan, apakah bisa???

  12. krisna Says:

    saya pernah bekerja disuatu perusahaan masa bekerja saya dari 17 mei 2004 sampai 18 agustus 2006 kapan jamsostek saya bisa diambil,apakah saldo saya akan bertambah jika tdk diambil,apa aja sich syarat-syarat untuk mencairkan dana jamsestak??? Kalau mau lihat saldo bisa lihat di mana ya atw website apa ?

    mohon bantuannya
    terima kasih……

  13. Anonymous Says:

    saya mau tanya, kalau kita sakit di daerah lain apakah jamsostek bisa di gunakan untuk daerah tersebut

  14. dwi indriyani Says:

    saya mau cek saldo jamsostek saya,tp saya udah gak aktif lagi sekitar 5 tahun. Sekarang di kalbar. Apa masih bisa?

  15. TRIYONO Says:

    saya mau tanya kalo mau liat saldo akhir jamsostek .bisa di lihat dari website apa?.makasih

  16. Marwan Says:

    waduh haree gene ngecek saldo jamsostek belom juga online…..gimana mau maju, gimana gw bisa percayaa…..kayaknya ada apa-apanya ni….ayo jamsostek jawab dong ketidakpercayaan nasabahnya….!!!ojo meneng wae

  17. raini Says:

    Sy punya pengalaman mau cairin JHT saya. Sy sdh bekerja 11 thn dan sdh keluar 2 thn yg lalu dari kantor tsb. Sy dtg ke jamsostek di daerah rawamangun…sdh tunggu kira2 3 jam baru dipanggil nmr antiran sy. stlh dicek ternyata nama sy dikartu (nm tengah sy disingkat) berbeda dgn nm yg ada di system mereka (nm tgh sy dipanjangkan) dan diinformasikan bahwa JHT sy dibuka di daerah setiabudi krn kantor lm sy didaerah cikini…
    Krn ada perbedaan nama tsb sy disuruh urus kekantor lama atau dtg ke jamsostek daerah setiabudi…
    Kesal rasanya…ktnya bisa dicairkan dimn saja koq malah sekarang hrs ke kantor pembuka….mohon advisenya dong… thx

  18. maman_suherman Says:

    Kepada Yth : bag.pelyanan kepesertaan jamsostek
    di
    tempat
    selamat siang pak saya mau bertanya bagaimana cara mencairkan dana jaminan hari tua saya kepesertaan masa kerja dari thn 1989 s/d 1991 dari semenjak itu gak ikut karena
    saya alih profesi ke dagang tapi sekarang kartu kpj saya hilang bagaimana caranya mohon petnjuknya terima kasih atas segala informasinya .

    hormat saya

    (maman_suherman)
    alamat email (suhermanmaman98@yahoo.co.id)

  19. malik ibra9076 Says:

    saya mau tayagimana jika saya bekerja 4thn cara pencairan jamsostek dan melihat saldoya

  20. Jumiyati Says:

    Saya mau tanya……
    Saya mau mencairkan JHT pada saat saya bekerja di PT Yokogawa-Batam sementara KPJ + surat referensinya kebawa banjir tetapi saya tidak ingat no KPJnya brp.
    Apakah saya bisa mencairkan JHTnya, bagimana caranya dan dimana???

    Terimakasih

  21. jj Says:

    cara lit saldo gimana ya pak????

  22. ida Says:

    Klu masih bekerja di sebuah Perusahaan tapi bru 3 tahun mendapatkan JPK dan mau ambil saldo bisa gak n kebetulan JPK ku hilang.

  23. moisses m noor Says:

    saya mau tanyakan saldo saya mulalui e-mail ke jamsostek, selalau zero yang ada dimonitor jamsostek, selama dua minggu ini.mulai tgl 18 jan 2010. melalui tlp ke jamsostek pusat ,sama saja.

  24. heti herawati Says:

    saya pernah bekerja di ramayana lestari sentosa masih tp tahun 2001 aku berhenti bekerja msh aktif kah jamsostek saya…terima kasih

  25. m.sanjaya Says:

    saya jaya.saya sudah lama berhenti bekerja dari pt.growth asia. saya ingin meraih hasil jerih payah saya skrg. tp apa mungkin saya bisa karena saya sudah lama berhenti dari perusahaan saya.

  26. ade koko sutarli Says:

    berapa pak?saldo jamsostek saya nomor JJ051137000100531
    masa kerja kurang lebih 2 tahun.sekarang udah lewati 5 tahun.tolong penjelasannya!!!!emailkan ke alamat saya…!!!!

  27. ? Says:

    Mungkin bisa membantu..Kalo tak salah kmarin teman saya baru nyairkan.Persaratanya adalah Kartu KK,Kartu jamsostek,KTP,dan, Paklaring(surat bukti yg di keluarkan dr perusahaan tempat anda pernah bkrj di saat anda brhnti krj).
    Misal krtu jmsostk hilang tpi PAKLARING anda msh ada kyknya bisa di cairkn dh,cos data anda kn bisa di acak melalui surat tsb..
    Mengenai pencairan kayaknya hanya bsa d cairkn minimal nunggu 5 thun dulu stlah anda brhnti bkrja deh..(Ada pengecualian misal anda jd PNS pencairan dpt d cairkn kpn aj)
    logikanya pencairan dpt d lakukan stlah kurun wkt brapa lama aj dweh.Tu kan memang di peruntkan hari tua kita..
    Tp yg saya msih bingung dan mw sya tnyakan..
    1..Apakah stlah kurun wkt brapa lama kita ga bkrja,dan ga nyetor dana JHT.apakah JHT kita brbunga dan brtambah,cos smakin hari smakin thun nilai uang kn smakin ga brarti.??
    Tolong di bantu kirim jawaban ke email saya ya..(aldie_w@yahoo.co.id)

  28. alam Says:

    payah…..payah….jadul banget nich jamsostek, masa cek saldo ga bisa online. perusahaan yang ngaku besar ini ko gada majunya banget dan malah jadi mundur. apa si alasan ga ditampilkan saldonya!!! kan kita punya ID masing-masing, jadi amanlah.

  29. harmani dwidjokanko Says:

    saya bisa cairkan dana jamsostek saya gak.dulu perna bekerja tahun 1996.pt valqua disurabaya.saya resign.kartu gak ada alias saya kembalikan kept.bisa gak bantuin saya.minta tolong kirimin ke saya informasi.trim sebelumya

  30. fery irawan Says:

    thank infonya..good post dahh.. www,feryirawan,co,cc

  31. jhon Says:

    Jamsostek Amatiran, mosok orang susah ambil duitnya sendiri. mesti nunggu 5th+ kek, mesti ini itu kek. capek deh

  32. Mita Says:

    saya mau tanya nih dulu pada tahun 2002 saya pernah bekerja di perusahaan dan dikontrak 6 bulan waktu saya keluar tidak diberi surat keterangan kerja dan sekarang pabriknya sudah tutup apa saya masih bisa mencairkan jamsostek saya?tolong dibalas lewat email ya please!thank you

  33. dewi marieska Says:

    Selamat sore,
    Mohon dapat dibantu informasi selengkapnya tentang bagaimana cara memproses pencairan dana JHT jika kartu JAMSOSTEK dari 2 Perusahaan Lama atau sebelumnya sudah hilang karena kecurian.
    Dokumen apa saja yang harus dipersiapkan.

    Mohon jawabannya dapat di-reply melalui e-mail saya
    (dewi_marieska@hpm.co.id).
    Terima kasih untuk perhatiannya.

  34. dudi herlambang Says:

    selamat sore….

    saya mau tanya

  35. Irfan Says:

    Saya mau nyairin jamsostek.tp kartu jamsosteknya hilang.bisa gk ya kalo cuma pake foto copy kartu jamstek sama rincian saldo jamstek?trus kk jg gk ada,ada jg kk yg baru.soalnya skrang sya udah berkeluarga

  36. tomo Says:

    Dear Pak Harry,

    Mau tanya saya pernah bekerja di perusahaan farmasi dari tahun 2005 – 2007 yang lalu apakah di tahun 2011 ini saya sudah bisa cairkan Jamsostek saya ? lalu saya beberapa kali ganti nomor kartu Jamsostek pada saat dulu saya bekerja di perusahaan itu, bagaimana cara klaimnya agar tidak sulit, apakah cukup dengan menggunakan KTP dan nama saya saja beserta syrat2 spt yang ditulis di blog ini ? lalu permasalahan yang paling pelik adalah saya ga pernah diberi tahu saldo Jamsostek saya selama saya bekerja dari tahun 2005 – 2007 tersebut bagaimana saya mengetahui saldo saya pak,sementara gaji saya waktu itu saja saya sudah lupa,,mohon jawabannya ya pak, karena kebutuhan mendesak soal keuangan,,

    Thx b4,,

    rgrds,

    Tomo

  37. Lukmanul Says:

    Dear P’ Harry
    Saya bekerja di satu perusahaan di Jakarta, saya masuk jadi peserta jamsostek th 2006, pada th 2009 sembilan saya dimutasi ke Sukabumi, kepesrtaan jamsostek masih saya terusin dengan No. ID yang sama, setelah 6 bulan, saya kembali pindah ke Jakarta, dengan perusahaan yang sama. Masalahnya, setelah berjalan satu tahun di Jakarta, saya dapat laporan saldo JHT dari jamsostek yang setiap tahun kami dapat, saya bingung kenapa No. ID nya tidak sama, setelah di baca, ternyata saldonya pun jauh berkurang. Kemudian saya tanya bagian yang mengurusi jamsostek di tempat saya kerja, dari penjelasannya ternyata saya dibukakan, No. ID baru, jadi No. ID yang lama sudah tidak aktif lagi. Setelah saya tahu No. ID lama saya sudah tidak aktif lagi, kemudian saya minta tolong lagi sama bagian yang mengurusi jamsostek ditempat saya bekerja untuk menyatukan saldo yang ada di No. ID lama ke No. ID yang baru, menurut nya penyatuan saldo sudah di lakukan [ semua saldo ada di No. ID yang baru ], saya mendapatkan kembali kartu jamsostek dengan No. ID yang baru, sedangkan yang lama sudah dikembalikan ke jamsostek katanya. Baru-baru ini saya dengar bisa cek saldo JHT via internet, saya coba cek saldo, tapi tidak muncul apa-apa [ jangankan saldo, No. ID dan yang lain-lainnya juga tidak ada, alias blank ], terus saya coba cek saldo untuk No. ID saya yang lama disini muncul dengan lengkap, muali Nama, No. ID, Nama Perusahaan dll, tapi data sebesar nilai yang disatukan dari No. ID yang baru juga tidak masuk disini. bagai mana caranya supaya kita bisa tahu kemana perginya uang itu , saya harus tanya siapa ?

  38. Lukmanul Says:

    Dear P’ Harry
    Sekali lagi mohon bantuannya, untuk jawabannya direplay ke e_mail saya [ afreeza.mochtar@gmail.com ] atau di tulis di blog kami.
    Terima kasih banyak atas bantuannya. [ Hatur nuhu...nnn ]

  39. fitri Says:

    ass. saya mau tnya saya bekerja selama 1thn di pt lion.sesudah itu abis kontrak,saya hampir 1 th pulag kerja apakah sekarang saya bisa cairin dana JHT,,apa perlu tggu 5 thn yang akan datang.?????

  40. dwi astutik Says:

    apakah tiap bulan saldo pda JAMSOSTEK mengalami pengurangan?

  41. sumariatno Says:

    saya ingin tahu brapa saldo saya di jamsostek karna udh 6 th bekerja

  42. yosep Says:

    pagi smua..aq mo tanya..aq dah kerja sekitar 6 tahun dan dah dapat paklaring. karna aq di kontrak baru.. bisa nggak yach aq cairin jamsostek? soalnya aq masih kerja d tempat yang sama. tolng dong bant? thank

  43. Anonymous Says:

    Saya mau tanya bisa kah kita mengklaim jamsostek JHT di lain daerah sedangkan kita mendaftar di daerah lain, contoh kita mendaftar di Sampit kalteng dan kita mengklaim di banjarmasin kalsel. Thanks

  44. Marlo'dio A Screamholic Says:

    saya bekerja mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2009 saldo terakhir nya belum diketahui brp?

  45. rahmad ms Says:

    saya punya jamsostek sudah 14 taon gak di cek, masih ada gak ya?

  46. rahmad ms Says:

    saya punya jamsostek. ketika bekerja di sebuah perusahaan BUMN, sudah tidak aktif sejak tahun 2007 silam, karena saya mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Saldo terakhir dari KPJ tersebut (Tahun 2007) adalah sebesar Rp. 640,000,- an.
    Dengan waktu sekian lama tersebut kira-kira masih ada nggak ya..? saya mau tau kepastian statusnya saja. baik saldo maupun hasil pengembangannya. Kini saya bekerja di perusahaan yang baru dengan Kartu kepesertaan yang baru lagi.

  47. NASEP SUAMANTRI Says:

    Hari ini saya ke kantor JAMSOSTEK CABANG BOGOR, ketika saya ketemu Satpam disana, saya diminta untuk menunjukkan semua persyaratan untuk mencairkan Jamsostek seperti: Kartu Keluarga, KTP, KARTU JAMSOSTEK pas ditanya SUrat berhenti kerja dari perusahaan saya tidak dapat menujukkannya, karena memeng sewaktu mengundurkan diri dari perusahaan yang lama saya tidak minta pengalaman bekerja. yang ingin saya tanyakan: Apa benar persyaratan Surat Keterangan dari perusahaan memang harus ada? tadi juga saya dikonfirmasi sama Satpam tersebut “Saya belum bisa mencairkan Jamsostek saya karena waktu dari keikutsetaan Jamsostek belum mencapai Lima tahun lebih satu bulan” Apa memang persyaratannya demikian juga? padahal saya ada keperluan yang sangat mendesak, harapan saya sich dananya dari pencairan Jamsostek itu. Bagaimana ya pak?
    Trms atas jawabannya

  48. ryza octora Says:

    Saya udah 3thn krja di batam tp belum 5thn mau saya ambil.itu bisa apa g???

  49. erwinsyah Says:

    saya mau nanya nih saldo jamsostek saya sdh brp yah….

  50. dhinda Says:

    pak,, saya mw nanya,, ad masalah dg jamsostek saya.
    koq saya cek saldo jamsostek via on line n via sms,, gak bisa terdaftar..
    pha krna nama ibu kandung yg berbeda.. sebenar nya nama ibu kandung saya 2,, satu nama kecil n satu nama besar,, hehee…
    mohon jawaban nya ya pak …

  51. Tika Argasa Putri Says:

    saya mau tanya saya pernah bekerja d 3 perusahaan yg berbada yg 1 udah 5 tahun yg 1 nya udah 3 tahun.. itu pun d kota yg berbeda.. dan kartu jamsostek nya cuma 1 aja bisa gak di cairkan uangnya

    • Tika Argasa Putri Says:

      saya mau tanya saya pernah bekerja d 3 perusahaan yg berbada yg 1 udah 5 tahun yg 1 nya udah 3 tahun.. itu pun d kota yg berbeda.. dan kartu jamsostek nya cuma 1 aja bisa gak di cairkan uangnya

  52. fani dewi fajrin Says:

    Apakah pencairan Jht jamsostek bisa di cairkan. Jika kita mengikuti program PUMP?? Mohon di jawab?

  53. fani dewi fajrin Says:

    Dear pak Harry:
    Mohon di jawab yah.. Saya mau mencairkan jamsostek. Hanya saja saya ingin tau. Apakah JHT Jamsostek bisa di cairkan jika kita mengikuti program PUMP..??? Mohon di jawab..

  54. rivaldi Says:

    Aku mau tanya gan, klu kartu jamsostek saya hilang , terus saya mau buat kartu lg, apakah no jamsosteknya sama dengan yang lama gan ?

  55. jimmy carter Says:

    masa jamsostek tidak ada jaringan on line untuk buka saldo? apakah jamsostek takut kalau sering mencuri duit tenaga kerja??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: